Jumat, 10 Agustus 2012

skripsi bab V


BAB V
SIMPULAN DAN SARAN

A.  Simpulan
Berikut  ini simpulan hasil penelitian pengaruh penarikan cairan tubuh terhadap tekanan darah pada klien yang menjalani hemodialisis di Instalasi Hemodialisis RSUD Sumedang:
1.      Gambaran karakteristik responden adalah sebagai berikut: sebagian besar berada pada kelompok usia pertengahan, lebih dari setengahnya berjenis kelamin laki-laki, lebih dari setengahnya bekerja sebagai PNS, lebih dari setengahnya menjalani  hemodialisis ≥ 2 tahun, sebagian besar berat badan awal sebelum dilakukan penarikan cairan tubuh berada pada rentang 49 – 68,9 kg, sebagian besar berat badan kering pada rentang 45 – 64,5 kg, dan sebagian besar jumlah penarikan cairan tubuh ≥ 2,7 liter.
2.      Rata-rata tekanan darah sebelum dilakukan penarikan cairan tubuh adalah 148,05/89,31 mmHg.
3.      Rata-rata tekanan darah setelah dilakukan penarikan cairan tubuh adalah 142,86/87,55 mmHg.
4.      Tidak terdapat pengaruh signifikan antara penarikan cairan tubuh terhadap tekanan darah.




B. Saran
Dari hasil penelitian dan kesimpulan diatas maka peneliti dapat memberikan saran sebagai berikut :
1.    Bagi Instalasi Hemodialisis RSU Sumedang
a.    Mengingat pentingnya faktor penarikan cairan tubuh terhadap tekanan darah maka  para petugas baik perawat atau dokter di Instalasi Hemodialisis perlu melakukan penarikan cairan tubuh dengan prosedur yang benar dengan pembuatan protap ultra filtrasi.
b.    Perlu adanya penetapan berat badan kering secara akurat dengan cara evaluasi secara kontinyu sebagai landasan untuk penarikan cairan yang adekuat.
c.    Perlu adanya partisipasi tim gizi untuk konsultasi diet rendah garam pada klien hemodialisis yang mengalami hipertensi.
d.    Untuk pengembangan ilmu keperawatan medikal bedah dalam sistem perkemihan khususnya keperawatan hemodialisis, instalasi hemodialisis menjadi lahan praktik intensif bagi mahasiswa keperawatan.
2.    Bagi klien gagal ginjal kronis dan keluarga
Klien membatasi asupan air dan diet rendah garam sesuai jumlah air kencing dalam satu hari.  Keluarga menjadi support system dalam perawatan klien khususnya di rumah, menyediakan diet yang sesuai.
  1. Bagi Peneliti Selanjutnya
Perlu penelitian lebih lanjut terhadap faktor lain yang berpengaruh terhadap tekanan darah selain faktor penarikan cairan tubuh/UF yang telah diteliti pada penelitian ini.  Untuk penelitian yang sama, perlu penentuan berat badan kering yang lebih cermat mengingat sulitnya mendapatkan berat badan kering dan merupakan faktor penentu penarikan cairan tubuh.  Rentang usia tidak terlalu luas, sehingga usia lebih homogen, misalnya dilakukan pada kelompok usia pertengahan.  Untuk pengukuran tekanan darah, upayakan dengan menggunakan tensimeter digital sehingga tidak terjadi pembulatan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar